Senin, 19 Januari 2015

Ranukumbolo dan pesonanya..

Siang itu panas tak seperti biasa, suasana kantor yang lengang hanya ada suara Andrea vokalis the corrs samar samar terdengar, beriringan dengan bunyi telpon yang hari itu tak terlalu tinggi frekuensitasnya.   Tumben juga saat jam hampir menunjukkan pukul 02.00 siang   tak ada suara abang bakso atau es putar keliling yg saban siang celingak celinguk mandangin jendela kantor berharap ada cewek cantik yang murah hati   *naudjubillah, timpa timah panas* manggil dari dalam.

Dan tiba tiba... "Raishaaa…. lusa ke surabaya, ikut meeting 2 hari di kamis jumat.." Suara mbak mbak cantik kesayangan memecah kesunyian yang kosong  siang itu..

Ahhhh,, akhirnya pucuk di cinta ulam tiba.  Surabaya,,,  ini berarti  mimpi  ane ke Ranukumbolo bisa kesampaian. Setelah sekian lama cuma bisa ngiler nemplokin muka ke layar komputer biar serasa benar benar ada di danau itu akhirnya… Yah, Danau indah yang berada di ketinggian 2390 Mpl itu sudah berbulan bukan menghiasi mimpi  paling basah ane, ngalahin mimpi waktu mandi hujan bareng Saipul Jamil. Ahhhhh excited bingit deh, pokokx kali ini rencana ane mesti lolos huuaahahahha* ketawa licik.  Karena ini alasan utamanya buat kerjaan artinya ane ga usah buang2 duit buat tiket pesawat dan ga perlu minta cuti yeyyy...

Dan akhirnya setelah melobi ke mbak cantik tadi *nama disamarkan, karena alasan keamanan * untuk di  tukar jadwal kepulangan dari hari minggu pagi ke senin pagi dan kontek kontekan si abang caem anak BPsub yg dulu pernah nganterin ke bromo, eng ing eng,, terbanglah ane ke Surabaya. Oh ya waktu itu  cuma bawa 1 tas ransel kecil, isinya baju kerja buat meeting untuk 2 hari sebanyak 2 pasang dan sisanya baju buat mendaki. Saat itu ane bawa baju juga  ga banyak  selain takut ribet , bayangan ane sih kalo ke Ranukumbolo mungkin ga dingindingin amat coz ga muncak sampai ke semeru,  tapi ternyata pemirsaaaaa....
 Ah sutralah ntar diceritain, ….

Tepat jumat jam 7 malam setelah meeting kantor  berakhir dan selesai calling callingan ama si mas BPsub, fix ane siap siap nih mo berangkat. Sebelum berangkat, di hotel sempetin sms minta izin dulu ama pak bos, mohon maaf dan mohon doanya karena ga bakalan pulang bareng. Nah selanjutnya ada kejadian lucu, waktu itu ane kan nginap d hotel surabaya yang roomnya namanya probolinggo, nah waktu ane ngasih alamat hotel ke mas BP (nama ga jadi disamarkan, sebut saja dia mas oscar) ga sengaja ane  menyebut nama Probolinggo yang ternyata nama room meeting ane. So, waktu jam sudah menunjukkan hampir  pukul 10 malam ane heran kenapa nih mas belum nyampe nyampe di hotel, pas ane telpon, ya elah ternyata si masnya pikir hotel ane d probolinggo beneran, dan dia dah nyampe d malang. Somplaaaak dehhh... Itu artinya ane harus jalan sendirian sampai ke Malang di malam yg dingin itu.... oh  Teeeyyydaaaak...!!!!

Akhirnya ane bareng ransel butut ane malam itu juga  dari hotel naik taksi sampai terminal dan harus lari larian ngejar bis yg berangkat terkhir malam itu, Praise Lord bis yg ane naiki adalah bis terakhir dan juga bangku terakhir (baca : duduknya samping mas supir n hampir di pangku cantik ama si mas kernet... Huhh  kamfrettoo bener dah..)

Lanjut cerita, sampai di Teminal Arjosari Langsung sambung boncengan ama mas oscar yg waktu itu ternyata bawa teman kantornya si mas Aris  Nah ni 2 orang  tiap kali bicara slalu bikin ane roaming,, udah tau ane nih asal sulawesi  asli, yah kalo ngajak ngomong selalu pake  bahasa jawa,, fuhh tapi okey dengan ini ane jadi bisa belajar bahasa jowo dkit dikit.
Lanjut..

Waktu itu sekitar jam 3 subuh kami tiba di pos pemeriksaan. Uhhh jangan  tanya dinginnya, aje gilee, tangan ane tempatnya dibawah ketek terus euyyy, padahal waktu itu udah disuruh bawa sarung tangan 3 lapis, sumpeh belum muncak aja dinginnya udah gini, rasanya pengen pulangg... :'(  . Di pos masuk ini kita dimintai biaya masuk 40 rebu plus ditanyain surat lolos tes kesehatan sebagai syarat buat muncak.
Jip jip mulai berdatangan di subuh itu, tapi ga sebanyak jip kalau mau ke Bromo. Nah dari pos ini kita masih lanjut berkendara lagi kurang lebih sejam sampai di pos start muncak. Namun kita tdak dperbolehkan langsung muncak harus nunggu sampai jam 8 pagi  baru boleh melapor lagi. Sambil menunggu kita mulai hangatin tangan d kayu api bareng para pendaki lainnya, setelah cerita cerita mereka ada yg ingin muncak sampai ke semeru ada juga  yg hanya seperti kami cukup puas berleha leha di Ranukumbolo.

Well setelah bersihin diri n sarapan seadanya, pendakian pun dimulai... Yihaaa..
Di awal pendakian ini mata kita akan di suguhi hamparan kebun bawang  dan brokoli yang tertata rapi dimana mana, wesss  segar en suci lagi dah ni mata yg sering liat barang haram *ehhh.  Jalanan waktu itu kering jadi agak enak untuk dilalui meskipun berarti wajib pake masker karena debu pasir yang beterbangan tidak segan segan masuk ke mata dan hidung,  hmm  buat ane sih enakan musim kering dibanding musim ujan, coz kalau musim ujan,  udah  becekkk, licin ,, di gunung pun kagak ada ojek gaaaan....!!!

Jalan yang dilalui pun udah agak mending, sebagian malah sudah di beri semen, sungguh memudahkan kami para pendaki amatir yg suka kepeleset atau tepatx pura pura kepeleset biar dibantuin ahaaay... Oh ya lintasan ke Ranukumbolo agak kecil karena itu kalau naik mesti ngambil space di pinggir biar bisa ngasih jalan buat pendaki lain yang mau mendahului.
Nah di perjalanan ini kita bertiga masih kompak, masih seiya sekata saling nunggu, saling nanya kabar, saling ngasih minum,,  hahaha beda ama pulangnya. Tapi karena saling nunggunya ini, alhasil muncaknya makan waktu hampir 5 jam, beda pas turun yang hanya ngambil waktu 3 jam (soalnya pulangnya pake acara lari) hahahahha...

Oh ya hampir lupa ditengah perjalanan kurang lebih setelah 3 jam pendakian pas lagi duduk istirahat tiba tiba kita dikagetin ama satu orang cewek yang kena hepotermia. Ihhh serem dah, se umur umur baru kali itu ane liat orang kena hepotermia, badan putih pucat, mata keluar air, bibir ungu pucat, untung dia bareng rombongan jadi banyak yg cepat tanggap buat nolongin. Kurang lebih makan waktu 30 menit hingga si cewek bisa sadar dan pulih kembali. Alhamdulilaah,,
Nah gara gara liatin si cewek semangat ane yg udah redup saking capeknya waktu itu bangkit kembali, badan ane kuat kembali, langkah ane tegap kembali, mata ane pun merah kembali *emmm abaikan, ini gara2 kemasukan debu bukan karena semangat yg membara * hahahha.
Perjalanan pun diteruskan, banyak yang naik banyak juga yang turun, kata abang abang yang turun "buruan jalannya dek, di Ranukumbolo udah kayak pasar malam ga ada tempat lagi buat nenda" ehh buseeet..  ini ke gunung apa ke pasar terong sieh, pake acara kuota penuh segala, kan kaga lucu udah ngos ngosan jalan begindang, sampai disana nenda di atas pohon karena daratan penuh  :p .

Daaan... Setelah hampir  5 jam berjalan dari jauh suara orang manggil manggil terdengar " ayo mbak  lari, liat tuh danaunya udah keliatan" dan, eng ing eng,,,, Subhanallah, air mata nih hampir tumpah pas liat kebawah tuh danau dengan tenangnya se akan akan menunggu kita untuk menikmatinya,,, Ya Allah, keren bingits, sumpeh  bagus pisan eta tehhhh....
Layaknya orangg di gurun yg liat oase dari jauh ane pun lari larian mirip kingkong buat turun ke danaunya, bukan cuma lari kecil, tapi sungguh sungguh lari, jatuh kepleset udah ga perduli, pokoknya ngedrama abis dah,, hehehhehe
Ranukumbolooo,, Raline Shah   Comiiiiing..... !!!!

Berikut gambar pemandangan di Ranukumbolo , dan sekitarnya abaikan wajah wajah penuh dosa yang tidak mandi selama 2 hari,, hahahhaha...

Jalur pendakian awal yang dipenuhi hamparan kebun sayur

Surga.. surgaa...

Jalur yang berdebu ..

Bahkan di tengah jalur, ada penjual makanan brow..

Ranukumbolo dari atas, bikin merinding saking indahnya

Moment terbaik, pas buka tenda langsung disuguhi keindahan Ranukumbolo

Kehangatan pagi di Ranukumbolo
Padang rumput kering di sekitar  danau
Tempat bersantai menikmati terik mentari
Jalur terusan ke semeru

Pulaaang.. :'(

Oh ya tambahan selama perjalanan dan  pas di Ranukumbolo ini ternyata ada penjual gorengan dan buah berseliweran loh, lumayan buat yang malas masak, walau harganya nanjak tapi okelah..* Ya iyalah kalau ga mau bayar monggo bawa sendiri pisang goreng, minuman plus semangka naik ke atas biar gemporr tuh betis ,, :p
Pas malam d tempat ini dinginnya naudjubillah deh, ane aja udah pakai kaos lengan  panjang 2 lapis + jaket + sleeping bag + terpal masih saja  menggigil, terpaksa malam malam bertiga bangun nyalain api dalam tenda sambil tidur ngelipat  badan gaya udang   dibawah ketiak si mas mas 2 orang ini.
Untuk pantangan atau larangan,  tidak sama halnya seperti di film 5 cm, dilarang keras mandi atau menggunakan air danau seenaknya, air kotor bekas bersih bersih harus di tanam  kembali ke tanah yang lokasinya jauh dari danau, sampah dibawa turun kembali jangan disisakan di gunung. Alhasil karena kebersihan danau ini, ane juga ga segan segan minum langsung airnya tanpa perlu dimasak, yah hitung hitung hemat gas lagi dah..
Yah  buat ane pribadi, ini  merupakan perjalanan terbaik yang pernah ane lakuin seumur hidup,,, bikin ane tambah bersyukur lagi dan lagi…

“For a climber, saying that you are stopping by Everest is like saying that you are stopping by to see God.”
Roland Smith, Peak

*keep walking yah gaisssss...