Rabu, 21 Januari 2015

Wanita Indonesia, wanita hebat..






Seneeeng  banget  liat  wanita  cerdas...

Baik itu dalam balutan setelan jas rapi, high heel dan rambut disasak kebelakang  maupun  wanita dalam balutan jilbab sederhana sambil gendong anak,  jaga warung dan membaca.  Sumpah kagum banget liatnya. Cerdas dalam pengertian ane kali ini bukan hanya karena berIQ tinggi sedari lahir loh ya,,  Cerdas yang ane kamsud ya cerdas karena  senang belajar, senang menggali, mencari tahu, memaksimalkan anugerah Tuhan untuk  berpikir.

Salah satu manfaat nyata dari adanya  internet buat ane pribadi, ya  bisa mengenal wanita wanita cerdas ini. Berbagai ragam blog, catatan inspiratif yang dilahirkan oleh wanita wanita hebat diluar sana berseliweran di ranah maya. Dan salah satu blog ibu ibu yang saban minggu selalu ditunggu catatannya yakni blog milik si ibu muda cantik  Jihan Davincka (eit.. ini bukan promo loh,  boro boro promo kenal ane aja kagak :p). 

Ibu cantik asli Makassar ini  kegiatan sehari harinya sebagai ibu rumah tangga, yang saban hari disibukkan dengan  jemput anak kesekolah, masak & ngelaundry, tapi jangan salah  ya,  beliau ini  udah menelurkan beberapa karya dalam bentuk buku dan kerap menjuarai lomba tulis menulis. Hebat ya,  setiap hari sibuk ngurus anak, suami, bolak balik rumah-pasar-sekolah anak,  tapi karyanya   alamaaak,  bandingin ama ane , wanita lajang yang sok sibuk  senin ampe senin lagi ngelayap entah kemana,  karya yang udah dihasilkan ?  preeet ..   *tutup muka pakai ember bekas cucian..
Selain Ibu Jihan ini, masih banyak wanita wanita Indonesia cerdas yang bikin iri. Hebatnya lagi ga semua dari mereka mengecap bangku kuliah loh.. Beberapa berhenti di bangku SMA, namun entah dari mana pemikiran pemikirn  rasional, analisa luar biasa itu mereka dapat.  

Tema yang dicurcolkan pun beragam mulai dari topik remeh temeh semisal kondisi rumah tangga sehari hari, masalah sosial, agama ampe hal hal berbau politik dikupas dengan gaya yang khas ala ibu ibu cerdas. Ane bayangin mereka nih nyusuin anak, nganterin anak ke sekolah, masak buat suami, jagain warung kelontong,  sambil baca buku atau ngeonline kali yaa…  hmm   belajar memang tidak mengenal waktu dan tempat.  Tidak harus di bangku sekolah, tidak harus muda, tidak harus lelaki. 

Para wanita ini  berhasil mengubah stereotip bahwa ibu rumah tangga tidak akan memiliki wawasan luas karena cenderung sibuk dengan pekerjaannya sendiri  yang memang sudah berat. Jangan dikira mentang mentang hanya dirumah mereka ga up to date loh ya,, semua hal yang lagi santer, isue panas yang baru diangakat dari penggorengan wess di kupas selicin licinnya. Kesan bahwa ibu rumah tangga itu hanya bisa masak, menggosip, nunggu suami pulang kerja, melayani suami dan anak tanpa punya keahlian dan memiliki pengetahuan sempit  ternyata  NOL  BESAR

 Dalam karya tulisnya,   tutur yang digunakan ibu ibu ini enak,  mengalir tanpa dibuat buat, sangat rasional dan tak jarang menggunakan bahasa tingkat tinggi   mencerminkan pengetahuan & wawasan mereka yang luas. Mereka membagi kisah kisah inspiratif baik itu dari pengalaman sendiri, keluarga maupun orang sekitar.    Aplaus lagi dah…

Dan rasa bangga  ane akan ibu ibu RT yang cerdas ini pun tidak mengalahkan kekaguman ane ama wanita wanita keren pekerja diluar sana, terlebih yang sudah berstatus ibu ibu dengan anak yang mesti di asuh pula. Gimana mereka membagi waktu mereka dengan keluarga, pekerjaan dan tetap mengasah kemampuan dan skill mereka,  Top bingit dah..

Cemburu banget kalau hadiri  seminar seminar dengan pemateri wanita. Liat mereka dengan blazer rapi, sepatu tinggi licin, make up cantik  lalu ngasih materi dengan mantap & penuh rasa percaya diri,  uhh… aura cerdasnya itu bo’ keluar.  Ane aja yang cewek kagum, apalagi para cowok cowok , hmm   U Go Girl..

Dulu  bagi sebagian para lelaki,  cewek cantik dengan pakaian dan dandanan  modis itu identik dengan kebodohan. Saking sibuknya dengan dandanan sampai ga punya waktu untuk belajar, sampai dibilangin banyak gaya, otak kosong.  Mereka dituduh  bisa dapetin sesuatu dengan modal tampang doank.  Wueeekkk.. jangan salah ya, dari pertemuan yang sering saya hadiri wanita wanita modis ini tidak hanya memoles dan “menjual  “ tampang luarnya saja tapi juga mengasah isi kepala  mereka.  Hebaaaat...

 Ah sekali lagi bangga bener dah ane sama wanita Indonesia sekarang, pintar pintar euyyy..
Wanita wanita ini kelak akan menikah , memiliki anak, lalu mencetak anak anak terdidik yang hebat.

Doa tulus dah buat pahlawan pahlawan kita terutama pahlawan pendidikan semisal Raden Ajeng Kartini yang  telah  membuka pintu seluas luasnya  bagi kaumnya untuk  merdeka  dalam mencari ilmu. Dan Alhamdulillah juga ane dilahirkan dan tinggal di negeri ini  walaupun saban hari suka menegeluh tapi tetap lebih baik dari sejumlah negara yang membatasi kaum wanitanya untuk menuntut ilmu. Karena bukankah konon  bangsa yang maju adalah bangsa yang pendidikan antara kaum pria dan wanitanya telah merata?

Seperti dikutip dari Brigham Young,
“Jika kamu mendidik seorang pria, maka seorang pria akan menjadi terdidik. Jika kamu mendidik seorang wanita maka sebuah generasi akan terdidik “.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar