Jumat, 06 Februari 2015

Utang.. ohhh utang..

Masih pagi beneeer si tante sudah ngadain ceramah dadakan, pas bangun kira kiranya nih ceramahnya udah setengah jalan, udah masuk reef, suara khas si tante buyarin mimpi indah ane lagi main pasir di pantai selatan  ama bang Ipul -_- . Kalo udah soal duit sih, jangan sampe ditau sama si Tante,, Karena endingnya bakalan begindang.

Korban  kali ini si kakak pertama. Gegaranya si doi belum bisa dapetin duit yg di utangin sama teman temannya. Si tante nyerocos karena duit yang dipinjamin  doi sama temannya ga bisa dibilang duit kecil, yahh lumayanlah bisa buat beli bakso, sekalian gerobaknya ama cincin batu bacan buat abang bakso :).
Nah si kakak nih secara dia laki laki dan orangnya ga suka ngotot ngototan ngakunya udah malas nagih, buat beliau nagih satu dua kali aja cukup, malas kalo nyosor mulu . 

Kalo  dari pengalaman ane sendiri soal ngutang mengutang, ane jg setipe sama si abang.  Yah walaupun dulunya waktu masih jaman jahiliyahnya smp-sma juga suka ngutang * emm ngutang, bukan ngutangin apalagi kutang-in  ,  hahahaha...  tapi ane bayarnya tepat waktu lah, lagian itu ga banyak banyak amat, palingan ngutang sama teman sebangku buat nambahin beli somay 500 perak  atau pisang goreng besoknya juga jam istirahat  dah diganti lagi :').

Uhh hidup memang keras ciin, kadang lebih besar pasak daripada tiang. Pengeluaran tuh ada adaaaa aja. Hari ini trima gaji, ehh akhir minggu langsung ludes, padahal cuma buat beli kecap, sabun mandi, bayar aer, bayar listrik & kebutuhan RT yang itu itu doang, ckckckckc,  kapan Raisa bisa beli Lamborjini kalo begindaaang??

Jangan suka ngilang dari dompet dong nyeet...

Nah karena itu kita mesti pandai pandai mutar otak biar semuanya terkendali.  Balance antar kebutuhan dan gaya hidup. Hemat, sisipin dikit dikit buat ditabung, biar kalo ada keperluan mendadak ga perlu ngutang sana sini.

Bingungnya ane sekarang kok masih ada juga yang berani minta ngutang ke ane. Padahal tiap kali ngaca tampang susah di wajah sudah tergurat dengan jelas. Kerutan di dahi, di bawah mata seakan akan udah mo teriak.. " Ya Gusti, hidup kok susah gini yak?". Lah  kok ada aja , tiba tiba orang yang nelpon mo minjam duit. Tapi alhamdulilah sih  mungkin itu tandanya aura "horang kayaah" ane mulai Nampak, mungkin ga lama lagi ane beneran kayahhhh * jiaaaaah amien amien :p.

Tapi sekarang ane dah malas minjamin orang duit *lah emang ada ? * Soalnya orang sekarang rentan dihinggapi penyakit  lumpuh ingatan kalo soal utang !!  waktu minjam nyosor ke kita tiap saat di tanyain, duitnya udah ada, udah dikirim, udah di transfer? plus janji janji bakal dikembalikan secepatnya, seminggulah, sebulan lah malah ada yg janji mo ngasih bunga tanpa diminta, wuihh udah kayak  janji caleg. Tapi sempaknya pas udah tiba jatuh tempo, hari berganti minggu,  minggu berganti bulan, bulan berganti tahun, yang janji mo ngembaliin udah anyur,  pas dihubungi susah, hp kagak aktif, inbox ga dibalas. Tiba tiba pada lupa kalo masa utangx udah abis. Mau di uber uber kasian.  ga mau di uber,  lahhh kita juga butuh. Jadinya kita yang punya duit, eh kita yang ngejar ngejar orang, kayak mang mang tukang kredit panci aja :p

Mbok ya, kalau minjem tuh tau diri dikit lah, bersyukur, trus mikir,  kasian yang ngasi pinjam duit udah berlapang hati minjamin duit walaupun mungkin saat itu juga butuh. So,  mbok ya di lunasin hutangnya. Atau kalau masih belum mampu untuk dilunasin karena betul2 ga punya duit, mbok ya disampaikan baik baik, minta perpanjangan waktu, jangan didiemin, apalagi  sampai pura pura ga kenal. Andaipun dia ga bisa langsung bayar, kan bisa di cicil sedikit demi sedikit,  yah setidaknya punya itikad baiklah.  Karena kalau ente minjam duit ke ane,  sikap ane tegas, memilih Menolak Lupa!!
Ya iya toh, kan dari awal statusnya minjam bukan minta, jadi  hutang tetaplah hutang, buat ane seratus perak pun hutangnya,  yaaa  statusx tetap hutang! *ahhh..pelit amat sih cruut* biarin :p *.
 
Yang bikin nyesek tuh selain kalau si doski susah dihubungi, kadang  yang ngutang ini tanpa perasaan. Belum lunasin hutangnya, ehh udah bergaya posting statusnya yang lagi jalan jalan, makan makan, beli barang baru. Ironisnya disana dia lagi posting foto asik makan di cafĂ© mahal sama genknya, eh disini kita yang dihutangin lagi ngitung recehan buat nambahin beli lauk.  Disana dia pamer beli baju baru biar eksis, eh kita disini lagi antri dipasar daya  nunggu buka cakar baru.  hiks…  Ga punya perasaan apa yak orang orang kayak gini, utang masih nyantol udah gaya gayaan. Kalo  ini kebangetan buat ane, betul betul Bangkeeeee !!!! 

Lucunya kadang posisi kita yang ngasih hutang itu lebih sulit dibanding yang ngutang. Lebih dilematis. Kalau mau nagih harus cari cari kata dulu, malah ane biasa sebelum sms di buatin draftnya dulu, kata katanya dipilih biar ga nusuk, biar yang ngutang bisa ngerti point ane tanpa ada perasaan tersinggung. Kan ga enak  gara gara hutang hubungan silahturahmi jadi goyang. Padahal saat itu kita bener bener butuh duit nyeet.. Nah susah bener kan jadi orang yang posisinya dihutangin…?


Posisi  dilematis

Oleh karena dari pada jikalau itu, selain sekarang tabungan ane memang udah menipis karena  tagihan kartu kredit yang sepertinya ga ada ujungnya, alasan kayak begono  bikin ane udah malas ngutangin orang. Kadang niat kita buat bantuin orang yg susah, lah yang dibantuin kagak tau diri... Pengalaman ane dari 6 orang yang ane pinjamin duit, kagak ada satupun yang udah lunasin ampe sekarang,, huaaaa gilakan??? Kalau dikumpulin udah bisa beli iphone 5 deh hikss,, Padahal kita kan cari duit juga ga gampang brow, ngumpulin duit dari pagi sampe malam, senin sampe sabtu, pas niat mo bantu orang eh malah dikerjain.. Kasian.. kasian *bersabar sambil ngusap dada anak gadis tetangga....
Hmm kalao udah begini mending ane balik  masang tampang susah lagi dah, masang tampang sahrini bikin hidup dilema :p 

“Berhati hatilah kamu dalam berhutang, sesungguhnya hutang itu mendatangkan kerisauan dimalam hari & menyebabkan kehinaan di siang hari.

Sabda Rasulullah s.a.w

 (Riwayat Al Baihaqi)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar