Senin, 09 Februari 2015

ala ala Pizza & Makaroni rumahan




Ahhh lama sudah tangan ini ga pernah pegang spatula masak..
Mumpung ini hari minggu, mumpung seluruh bocah ngumpul dirumah,  ide ngebaking yg sudah terbersit dari jumat kemarin sepertinya sudah waktunya di realisasikan. Ada 4 pilihan resep yang pengen di coba kali ini, kue bolu pecca khas Makassar, pizza sederhana, lasagna keju panggang atau macaroni panggang.

Hmmm semua enak enak, semua bikin ngiler, semua cocok dimasak saat suasana mendung begindang, tapiii...  tapiii..  semua bahannya bikin kantong bolong ma meen   :'( .  

Dan setelah ditimbang timbang  berhubung waktunya yang mepet jadinya diputuskan hanya membuat 2 resep dulu, yakni pizza dan macaroni sekotel, karena bahan yg dibutuhkan untuk membuat 2 resep ini juga hampir sama, so isi kantong masih bisa di rem lah yau..
 
Orait beybehhh....

Sooo,   Mari Memasaaaak <3 …..

Resep pertama  Pizza sederhana,   bahan bahannya
Untuk adonan :
- tepung terigu 500 gr (ane kebetulan pakai tepung merek kompas *emm murah ciin, murah,,*,  tapi  sebenarnya bisa pakai  tepung apa saja, hasilnya juga ga  beda)
- garam dan gula seuprit (pakai feeling ya mblo.. )
- fermipan sesendok kecil

Untuk saus dan toping:
- bawang bombay (iris tipis)
- bawang putih 5 buah (geprek, cacah halus)
- merica, garam, penyedap rasa (sefeelingnya)
- daging giling (ane pake 2,  pertama pakai daging giling kalengan *masih dgn alasan murah :p * dicampur daging giling segar. Perbedaan harga cukup signifikan, daging giling kalengan merek KORNETKU Rp 13ribu sedangkan daging giling fresh Rp 26ribu, lah terasakan bedanya? Lumayan,, hahahha..)
- keju (pakai keju Mozarella biar lumer dan saling narik saat panas)
- 4 sendok mentega
- saus tomat
- sambal
- 5 buah tomat buah (rebus, buang kulitnya lalu blender)
- sosis dipotong tipiis dan goreng kering
- jagung kuning di rebus
-  Kacang polong

Ingat waktu belanja, terutama belanja makanan kalengan cek expire datenya ya ciiin, kan ga lucu abis ente makan dgn penuh kenikmatan 20 menit kemudian, mulut ente berbusa plus kejang kejang , atau stroke bagian tunuh sebelah kanan secara tiba tiba coz expire datenya ternyata udah dari lebaran haji kemarin  hihihihi...

  
Bahan Utama Pizza

Buat adonan pizza :
- fermipan dan gula larutkan dengan air hangat, tunggu hingga 5 menit
- campurkan tepung terigu, mentega dengan larutan gula+fermipan tadi, ditambah air sedikit demi sedikit hingga kalis..
Nah buat para ladies yang malas ke gym, bisa coba ini nih alternatif memperkeras otot bisep dan trisep. Bahan dicampur dalam loyang, dilempar, dibolak balik, tekan sana sini,, pokoknya sampai bahan tercampur rata dan kalis.. Beuh nih otot otot tangan langsung kencang meen.. soalnya adonannya berat booo'. So jangan bayangkan ane bakalan duduk cantik kaki dilipat, sesekali usap peluh yang turun keleher sambil ngulen adonan dengan lembutnya yah,, Realnya,, ahhh lebih mirip kayak Hulk yang marah sambil ngelempar gedung dan mobil kesana kesini, .... hahahaha.
Setelah kalis, diamkan dalam loyang dan tutup dengan kain bersih, tunggu hingga adonan mengembang.

Buat  saus  :
-  tumis bawang bombay, bawang putih hingga harum & kemerahan, tambahi daging giling, tomat yang sudah diblender, beri merica, gula, garam, penyedap secukupnya. Sisihkan...


Saus full tomat
  

Setelah adonan dalam loyang mengembang, taruh adonan dalam cetakan bulat, bentuk tipis. Olesi saus tomat diatasnya, beri keju mozarela yang diris tipis. Lapisi lagi dengan saus yang sudah dibuat, taburi toping berupa, butiran jagung rebus, sosis goreng, dan taburi keju lagi diatasnya.
* keju mozarela agak susah di parut karena teksturnya yang kenyal, jika mau setelah dibagian tengah pizza diisi keju mozarella yang di iris tipis, bisa ditambahi parutan keju cheddar yang bertekstur agak keras dibagian atasnya.  


Sebelum di oven


Nah setelah semua proses selesai waktunya,, memanggang,,, hurayyy
Waktu memanggang kurang lebih 25 menit. Dengan suhu sekitar 120-130 derajat. Tapi sebuburnya ane sih ga pernah ngecek settingan suhu, yah di kira kirain aja brow, apinya yang pas. Soalnya masak itu kan seni, jadi terkadang baik itu takaran bahan, settingan suhu dan tetek bengeknya yah pakai perasaan  saja..   namanya juga seni brow, seniii,,
Tapi alhamdulillah dengan hanya bermodalkan perasaan terdalam,  hasilnya,, alhamdulillah.... Hmm alhamdulillah.......
Gosong ... !!!  
huhuhu becanda sistaa...



Selamat Bobo, matang yang bagus ya beeeb...

======================================================================


Sementara itu untuk membuat  Macaroni Panggang, bahan campuran hampir sama dengan Pizza, hanya saja tidak menggunakan tepung, serta ditambahin beberapa bahan berupa 1 bungkus macaroni, kacang polong, 3 butir telur ayam dan susu cair tawar. Bisa juga pakai 4 sendok dancow bubuk putih lalu larutkan dalam segelas air.
Caranya :
-    Macaroni di rebus hingga matang jangan terlalu lembek dan jangan lupa beri sedikit  garam, lalu tambahi sedikit minyak  atau mentega setelah selesai dimasak agar macaroni tidak menempel satu sama lain.
-    Kocok telur, lalu tambahkan  susu, garam, merica dan penyedap
-    Masukkan macaroni dalam loyang cetakan panjang atau pinggan transparan tahan panas, campurkan jagung dan kacang polong sisa bahan pizza tadi, sosis (jika suka)  dan lembaran tipis keju mozarela di tengah macaroni.
-    Tuangi campuran susu dan telur tadi di atasnya hingga rata
-    Beri parutan keju lagi di atasnya
Selesaii…. Masukkan ke dalam oven pemanggang.

Macaroni sebelum di panggang

 Dan setelah menunggu dengan sabar, sambil nyukur alis sebelah kiri ala ala Dedi ko’ busyeet..
Tadddaaaa.....



Ahhh.. piring mana piring..
Satu gigitan, mana cukup mblooo...



Dah akhirnya, sudah bisa ditebak  malam itu kami berlima pun tidur full dengan lemak menggelambir kemana mana Alhamdulillah  Puji Tuhan  ..

Happy weekend sistaa...


 
Eating is a necessity
But cooking is an Art.. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar