Kamis, 19 Maret 2015

Mari menonton...





Gini nih, hiburan pekerja pekerja lajang kesepian kalau malam, nonton film hasil downlotan sampai pegel,, hahahhaha. Dengan durasi kurang dari 3 jam, setiap malam 2 film dihabiskan. Dimulai dari film pertama, berjudul Clara & Moi dengan settingan di Paris, Prancis.
 
Mengapa dan bagaimana bisa film ini akhirnya terpilih untuk di download?? Ini nih   gegara kehabisan stok film dalam negeri sendiri. Film indonesia sih banyak,, cuma yg mantep, layak dinonton, berbobot versi ane tuh yang ga banyak.
Nah,  kategori berbobot atau tidaknya sebuah film terutama film dalam negeri  buat ane ni yee mesti  dilihat dari berbagai aspek *tsaaahhh, gaya lu tong udah kayak pengamat tinju aja.

Yang pertama dimulai dari jenis filmnya. Misalnya, film bergenre Horor? Uhh  ga banget!!!  Entah itu horor besutan  si almarhum tante  susanna, horor serius, ampe horor yang dibumbuhi adegan lepas tali kutang segala, ane mah  ogahhh !!!
Dibayarin pun kagak dehhh... Ente aja nonton sendiri !!

Ane masih ingat dulu masih SD tiap kali habis nonton film si tante susanna , pasti dah kagak bisa tidur malamnya. Keringat dingin, badan gemetaran, gara gara bayangin kepala si tante susana lepas dari tempatnya,,  ampun dah..
So dengan tegas buat ane, Big No for Horor !!

Selain Horor, ane juga ga minat sama yang namanya film Laga. The Raid aja yang sudah mendunia sampai sekarang ane ga pernah nonton, alasan simple, ga tertarik!! Oh ya termsuk juga film detektif terutama semisal misteri pembunuhan, ataupun film yabg dipenuhi darah dan kesadisan. Emmm ga, ga berani ane.
Ane  lebih senang film bergenre komedi, komedi romantis yang ga alay, film inspiratif terutama yang di angkat dari kisah nyata,  atau film perang, terutama film perang dunia.

Nah aspek yang kedua dilihat dari sutradaranya.
Hanung bramantyo,  Nia Dinata adalah 2 sineas yang ane percaya beberapa filmnya layak di tonton versi ane. Setelah itu baru di susul oleh  Riri Reza dan  Mira lesmana.. Yaa, sebenarnya tiap mereka punya keunggulan masing masing sih. Misalnya mas  Riri ama mba Mira, yang karyanya pernah menjuarai box office dalam negeri, dengan film keluarga Sherina, film dokumenter Anak seribu pulau, dan Gie.
Cuma tetep aje menurut ane, film mereka masih dibawah si Hanung. Soalnya makin kesini film mereka makin tampak kurang menggigit.

Yaa, si hanung dan Nia dinata juga ane ga bilang semua filmnya ane suka sih, tapi sebagian besar karyanya., bener bener dapet feelnya, dapat gokilnya  ma meen.  Karya mas Hanung tuh buat ane, lebih  fresh temanya, idenya ajib, cucok. Liat aja  Film Jomblo, atau Catatan akhir sekolah wiss gokil ma men,, Mas Hanung dengan gayanya, bisa menggambarkan realita yang ada dengan sangat apa adanya. Selain 2 film favourite ane tadi, ane juga demen sama film serius si om, semisal wanita berkalung sorban dan tanda tanya. Film film serius ala mas Hanung ini ga lebay dan ga terlalu mendramatisir buat ane.   Namun 2 film beliau  ini konon dikategorikan film kontoversial, terutama film tanda tanya, padahal menurut ane, yang ga tamat sekolah perfilman ini, nih film paling jujur. Paling jujur  yang menggambarkan keberagaman kita di negeri ini. Tapi yah u knowlah isi kepala dan pandangan masyrakat kita nih kan beda beda, jadi dari pada ribut ya, terpaksa main aman, dengan merelakan film ini ditarik kembali dari beberapa bioskop.Film terakhir karya si mas yang sempat ane nonton "Sang Pencerah" tentang kisah perjuangan KH Ahmad Dahlan, tokoh pendiri Muhammadiyah.. emm top banget.  Terlepas dari alur kisah Sang Kiayi yang memang layak di apresiasi, kerennya nih film di dukung oleh settingan, akting pemain yang di asuh oleh tangan dingin mas Hanung, pokoknya sangat recomended lah..

Kalau untuk mbak Nia Dinata sendiri ane suka film filmnya yang mengangkat tema  kehidupan wanita atau orang orang terpinggirkan. Film perempuan punya cerita dan  berbagi suami, adalah film yang bener bener layak untuk di acungi jempol *nih ane pinjamin jempol si afner juga kalau masih kurang.

Aspek Yang ketiga, nah ini nih yang ga kalah penting gan, Pemainnya.
Untuk aktor terbaik versi ane, Vino G sebastian masih jadi juaranya.
Ini mahluk tergokil parah yang pernah ada di muka bumi. Kalau dia main film tuh pastiii, sebagian besar ane suka. Akting bad boinya itu ma meeen gileee, bikin jatuh cinta. Liat saja Radit dan jani, catatan akhir sekolah,  realita cinta dan  rock n roll, Mika, satu jam saja. Keren ciin. Hanya saja di film terakhirnya Tampan Tailor, menurut gue salah satu film terburuknya, cz dia yang identik dengan gaya bad boinya, tiba tiba berubah menjadi Kebapakan yg serius dan agak lebai  Bangke ahh, ga seru !!!! 

Nah itu gimana ane memilah milah film terbaik versi ane. Kadang dapat referensi juga sih dari teman, cuma kadang suka ga percaya karena, yaaa balik lagi selera orang kan beda beda cruut. Ane maunya yang bohai teman ane maunya yang rata * ehhh. Maksudnya kadang teman ane udah cerita berapi api sampai nangis nangis niru adegan film yang d ceritain, pas ane nonton, ahh biasa aja. Malah banyakan di percepat biar langsung keliatan endingnya saking bosannya.

Oh ya balik lagi ke film. Prancis yang ane sebutin tadi. Ane dowloatnya di youtube. Walaupun kagak ada subtitle indonesianya, untung masih ada sub title englishnya. Jadi ane yang buta aksara, untung ga buta warna ini bisa meraba raba gerangan alur cerita yang dimaksud * tsaaah.
Nah gegara ini film produksi Prancis, buset ane harus ngisi form data di youtube sebagai bukti bahwa ane cukup umur untuk menontonnya. Padahal adegan dewasanya *versi ane* ga parah parah banget, masih di ambang wajar malah.
*hmmmm… kenapa, kecewa? berharap adegan yang lebih ya nengg, ?? Ehhh.. Hahhahaha :p .

Filmnya sih ga berat berat amat, tentang 2 orang yang saling mencintai, lalu harus berpisah karena keadaan sang wanitanya yang positif mengidap HIV. Ahhh klise amat… Emang!!
Makanya ane bersyukur filmnya ga panjang panjang amat jadi rasa bosan cepat selesai hahahahha.  Lumayan kecewa sih, soalnya ekpektasi ane akan film luar tuh besar. Hal yang sama juga terjadi waktu nonton film produksi Iran kemarin berjudul The Silence dan Dayereh. Filmnya panjang banget tapi hasilnya uhh membosankan. Ane pikir bakalan
nonton film keren ala timur tengah misalnya The Turtles can Fly   atau   Children of Heaven.

Dan film ke 2 yang di nonton malam ini,, huahahaahahha untuk kesekian kalinya "Catatan akhir Sekolah" hahahha ane ga pernah bosan nonton film anjirrr satu ini. Sekalian nostalgila ama masa masa sekolah dulu.
Tapi sebenarnya yang paling ane rindukan sih bukan pas masa Sma, Smp apalagi Sd. Di jaman itu ane mah apa atuh, bagaikan upil yang mengerak, setelah di cari susah payah lalu di tempelkan begitu saja dibawah meja dan bangku sekolah. Ehhh tapi masih  mendingan upil, setidaknya masih sempet dicari , yaa walaupun dicari untuk akhirnya di buang.
Tapi ane dulu benar2  bagaikan karbon dioksida. Ada, tapi tak terlihat, tak terasa.. Hahhahah benar benar ga eksis. *puk, puk, puk.

Masa yang paling ane rindukan itu masa kuliah. Yaaa bukan karena dimasa ini ane udah eksis jadi putri kampus. Yaaa,  Enggak. Jangan mimpi. Ane tetap jadi mahasiswa penghuni koridor kampus yang sama sekali ga pernah di lirik apalagi di gombali sama pengurus kampus apalagi pak dosen *ngarep :p Hahaha. Masa itu  ane tetap saja  masih jadi angin yang tak terasa semilirnya., tak tampak wujudnya. Hanya saja dimasa ini ane lebih bebas mencari yang ane mau. Bergaul dengan banyak orang, baca banyak buku., mencari tau berbagai hal yang selama ini masih jadi tanda tanya di benak. Dan di masa ini pula, teman teman terbaik pernah ane miliki. Walaupun ga banyak, setidaknya di depan hidung mereka ane akhirnya eksis, berwujud, berasa, berbau  hahahahha.

Jadi kalau kumpul kumpul orang lain kebanyakan cerita kisah kasih di SMUnya, anee lebih milih cerita soal kampus. Yaa walaupun cuma D3 tapi bener bener berasa.
Ah rindu ngerjain tugas dari sore sampai subuh, rindu duduk duduk di koridor ama di musholah kampus mejengin para ikhwan yang malu malu nundukin pandangannya, rindu berdebat sama dosen, teman sekelas atau teman organisasi,  rindu dihukum hanya karena terlambat 10 menit dengan bersihin seluruh ruang dosen dan laboratorium, rindu duduk berlama lama di kantin padahal cuma beli aqua gelas, biar sekedar menunjukan diri kalau termasuk warga kampus, rindu kongkow kongkow selepas ujian di kos teman sambil cerita yang butan butan  Hahaahah .. ahhh rindu.
Ambilin tisuue toilet donk....

Akhirnya satu pesan ane seblum bobo, jangan pernah, jangan pernah,,, sekali lagi jangan pernah,,, teman teman mendownloat film gratisan seperti yang ane lakukan. Sungguh Merugikan. Cukup ane yang fakir ini aje.  Ingat dosa bung...!! Hahahahhahaha salam bangke ...
Movies can do have tremendous in shaping young lives in the realm of entertainment towards the ideals and objectives of normal adulthood
"Walt Disney"



Tidak ada komentar:

Posting Komentar